Judul : Rekapitulasi input data dari Banyak File pada Excel
link : Rekapitulasi input data dari Banyak File pada Excel
Rekapitulasi input data dari Banyak File pada Excel
Aku tak tahu judul apa yang paling tepat untuk tutorial ini. Tapi kronologinya seperti ini :
Dalam satu folder terdapat banyak pengguna, dan tiap tiap pengguna menginginkan setiap yang diinput masuk dalam sebuah rekapitulasi yang telah disediakan.
Gambar :
Nomor 1 : menunjukan Nama sebuah Folder disini dibuat nama"data" bisa kalian ubah sesuai keinginan.
Nomor 2 : pengguna, disini dibuat dua pengguna yaitu pengguna1 dan pengguna2, untuk memudahkan tutorial, kalian bisa menambahnya sendiri
Nomor 3 : adalah file rekapitulasi dengan aku kasih nama "rekap.xlsx"
Sipnosisnya :
Jika pengguna1 menginputkan sebuah data, maka akan secara otomatis masuk kedalam file "rekap", itu juga terjadi pada pengguna2.
caranya :
pertama:
buat folder dengan nama "data" ( bisa nama lain sesuai kebutuhan)
kedua :
buatlah 3 file dengan nama (1) File Rekap (2) pengguna1 (3) pengguna2
Buka pada file "pengguna1"
- Pada Range (A1) Ketik "nama" dan (B1) ketik "alamat"
- Buka Tab Developer ( Jika di excel kalian belum muncul Tab Developer, Kalian bisa mengaktifkannya dulu tutorialnya disini
- Pilih " Visual Basic" lalu Pilih "Insert => UserForm
- Buatlah Form kurang lebih seperti ini :
(gambar form ini, meliputi 3 label, 2 TextBox dan 1 CommonButton )
- Klik tombol simpan ( jika sudah keluar jendelanya, ketik rumus berikut :
----------------------------------------------------------------
Private Sub CommandButton1_Click()
Dim rc As Long
Dim fileku As String
Dim wb As Workbook
Application.ScreenUpdating = False
fileku = ActiveWorkbook.Path
rc = ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count 'menghitung jumlah baris yang ada
With Sheets(1).Range("A1")
.Offset(rc, 0).Value = Me.TextBox1.Value 'baris akhir kolom A yang kosong, sama dengan nilai textbox nama
.Offset(rc, 1).Value = Me.TextBox2.Value 'baris akhir kolom B yang kosong, sama dengan nilai textbox barang
End With
ThisWorkbook.Save
Workbooks.Open fileku & "\" & "rekap.xlsx" 'buka workbook rekap
Set wb = ActiveWorkbook
rc = ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count
With Sheets(1).Range("A1")
.Offset(rc, 0).Value = Me.TextBox1.Value
.Offset(rc, 1).Value = Me.TextBox2.Value
.Offset(rc, 2).Value = Left(ThisWorkbook.Name, Len(ThisWorkbook.Name) - 4) 'nama dari workbook yang entry
End With
wb.Save
wb.Close 'tutup workbook master
Application.ScreenUpdating = True
Unload Me
UserForm1.Show
End Sub
--------------------------------------------------------------------------------
Dim rc As Long
Dim fileku As String
Dim wb As Workbook
Application.ScreenUpdating = False
fileku = ActiveWorkbook.Path
rc = ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count 'menghitung jumlah baris yang ada
With Sheets(1).Range("A1")
.Offset(rc, 0).Value = Me.TextBox1.Value 'baris akhir kolom A yang kosong, sama dengan nilai textbox nama
.Offset(rc, 1).Value = Me.TextBox2.Value 'baris akhir kolom B yang kosong, sama dengan nilai textbox barang
End With
ThisWorkbook.Save
Workbooks.Open fileku & "\" & "rekap.xlsx" 'buka workbook rekap
Set wb = ActiveWorkbook
rc = ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count
With Sheets(1).Range("A1")
.Offset(rc, 0).Value = Me.TextBox1.Value
.Offset(rc, 1).Value = Me.TextBox2.Value
.Offset(rc, 2).Value = Left(ThisWorkbook.Name, Len(ThisWorkbook.Name) - 4) 'nama dari workbook yang entry
End With
wb.Save
wb.Close 'tutup workbook master
Application.ScreenUpdating = True
Unload Me
UserForm1.Show
End Sub
--------------------------------------------------------------------------------
Tulisan block warna merah menunjukan nama file rekap, ubah sesuai dengan nama file kalian.
selanjutnya>>>>>
Klik Insert => Module
Masukan rumus berikut :
-----------------------------------------
Sub OpenForms()
UserForm1.Show
End Sub
-----------------------------------------
UserForm1.Show
End Sub
-----------------------------------------
Klik SIMPAN.
setelah itu buka kembali file pengguna1
- masih pada Tab Developer > Klik Insert
- Pilih Tombol Button
- Drag dimanapun kalian sesukanya..
- secara otomatis akan muncul kotak record macro seperti ini :
- Pilih "OpenForms"- Klik OK
--------------------------------------------------------------------------
Perlakukan hal sama pada Pengguna2
File Uda Siap dipakai
--------------------------------------------------------------------------
Contoh Filenya bisa didownload disini
Demikianlah Artikel Rekapitulasi input data dari Banyak File pada Excel
Sekianlah artikel Rekapitulasi input data dari Banyak File pada Excel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Rekapitulasi input data dari Banyak File pada Excel dengan alamat link https://infohudin.blogspot.com/2014/04/rekapitulasi-input-data-dari-banyak.html



0 Response to "Rekapitulasi input data dari Banyak File pada Excel"
Posting Komentar