Judul : Perpustakaan Media Alat Bantu Pembelajaran
link : Perpustakaan Media Alat Bantu Pembelajaran
Perpustakaan Media Alat Bantu Pembelajaran
PERPUSTAKAAN DIRUANG KELAS
Tidak semua sekolah dasar mempunyai ruang perpustakaan sendiri , Guru yang kreatif , biasanya menempatkan buku dalam kotak sebagai perpustakaan di ruang kelas , sekaligus berperan sebagai perpustakaan .
Sudah tentu banyak , banyak buku yang di simpan dalam kotak - kotak itu, bergantung pada keuangan sekolah , bahasa dan isi diubahsuaikan dengan tingkat kelas , Dengan demikian , masing-masing kelas mempunyai Perpustakaan sendiri.
Disetip buku perlu direkatkan selembar kertas , sebaiknya dari karton tipis yang memuat catatan perihal identitas buku , nama siswa yang meminjam , tanggal pminjaman dan tanggal pengembalian.
![]() |
PERPUSTAKAAN MEDIA ALAT BANTU PEMBELAJARAN |
MEMPERLUAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Umumnya perpustakaan sekolah mempunyai jumlah buku yang masih terbatas , Memang dalam hal in , kepala sekolah dalam kurun waktu tertentu , perlu mengadakan perubahan ,pemutakhiran dan penggantian buku , sedangkan sumber dana terbatas , akhirnya mereka harus pandai-pandai berinovasi , menemukan cara memperluas layanan perpustakaan sekolah mereka .
untuk ini kepala sekolah sanggup mengambil upaya - upaya sebagai berikut :
- Berhubungan dengan sekolah -sekolah lain untuk membangun jaringan layanan buku.
- Meminta derma dari sentra perpustakaan kawasan , Pusat Perpustakaan Nasional atau forum lain.
- Meminta Bantuan orang bau tanah siswa atau komite sekolah
- Meminta siswa yang gres lulus untuk meyumbangkan buku
- Mencari derma dari sumber lain.
Mendukung perpustakaan sekolah sebagai sentra pembelajaran yang aktif seyogianya menjadi kepentingan orang-orang atau kelompok masyarakat di luar sekolah.
Masyarakat pemerhati pendidikan yang bisa secara finansial, sanggup membantu dalam bentuk dana ketimbang buku , alasannya ialah dengan dana sekolah sanggup mengalokasikannya pada bidang-bidang lain yang memerlukan .
Jika sekolah meminta derma pada forum tertentu , mereka itu akan kewalahan , namun tidak ada salahnya mengajukan permohonan.
KARAKTERISTIK PERPUSTAKAAN SEKOLAH YANG BAIK
Kualitas perpustakaan sanggup diukur melalui sejumlah cara yang berbeda , sejumlah indikator yang mensugesti kualitas perpustakaan sekolah :
- Tingkat peminjaman buku persiswa
- Jumlah pengeluaran dana persiswa pertahun
- Jumlah buku persiswa , baik buku usang maupun buku yang mutakhir
- Tingkat perolehan buku gres dan penyingkiran buku usang , buku usang sebaiknya dihibahkan dan bukan dimusnakan .
- Tingkat keamanan disekolah yang biasanya menjadi duduk perkara di sekolah
- Lama Waktu kerja perpustakaan setiap minggu
- Kapasitas tempat duduk yang etrsedia untuk mencar ilmu di perpustakaan
Thank you for visiting, good luck for you all...
Demikianlah Artikel Perpustakaan Media Alat Bantu Pembelajaran
Sekianlah artikel Perpustakaan Media Alat Bantu Pembelajaran kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Perpustakaan Media Alat Bantu Pembelajaran dengan alamat link https://infohudin.blogspot.com/2019/07/perpustakaan-media-alat-bantu.html
0 Response to "Perpustakaan Media Alat Bantu Pembelajaran"
Posting Komentar