Cara Membuat Daftar Siswa dengan validation excel

Cara Membuat Daftar Siswa dengan validation excel - Hallo sahabat Info Udin, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Daftar Siswa dengan validation excel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aplikasi data Base siswa, Artikel Cara Cepat Uji Validitas, Artikel Daftar siswa dengan data validasi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Daftar Siswa dengan validation excel
link : Cara Membuat Daftar Siswa dengan validation excel

Baca juga


Cara Membuat Daftar Siswa dengan validation excel

Ruang Excel : Selamat berjumpa rekan-rekan pencinta microsoft excel, semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'afiat sehingga dapat menjalankan aktivitas dalam kesehariannya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Cara membuat daftar siswa dengan validasi pada microsoft excel dengan menggunakan formula index dan beberapa formula excel.

Ok, Kita mulai dari langkah pertama, yakni kita persiapkan sheet1 untuk Data utama (database) dan sheet2 untuk Daftar Siswa (droplists). Silahkan buat tabel data utama (database) pada sheet1 seperti berikut :

Cara Membuat Daftar Siswa dengan validation excel

pada kolom helper 1 (F4) kita isi dengan formula excel =ROWS($E$4:E4). Pada kolom Helper 2 (G4) kita isi dengan fomula excel =IF(Sheet2!$F$1=E4;F4;"") dan pada kolom helper 3 (H4) kita isi dengan formula excel =IFERROR(SMALL($G$4:$G$15;ROWS($G$4:G4));"").  kemudian tarik ke bawah hingga F15.

Kemudian langkah kedua, kita buat daftar siswa dengan menggunakan data validasi dan formula index, iferror, dan columns.

Kita buat tabel seperti di bawah ini :

Cara Membuat Daftar Siswa dengan validation excel

Pada kolom nonor kita buat  nomot automatis dengan menggunakan formulas IF. pada kolom Nama siswa (B4) kita isi formula excel =IFERROR(INDEX(Sheet1!$B$4:$E$15;Sheet1!$H4;COLUMNS($A$4:A4));""), pada kolom jenis kelamin kita isi dengan formula excel =IFERROR(INDEX(Sheet1!$B$4:$E$15;Sheet1!$H4;COLUMNS($A$4:B4));""), pada kolom Tempat tanggal lahir kita isi dengan formula excel =IFERROR(INDEX(Sheet1!$B$4:$E$15;Sheet1!$H4;COLUMNS($A$4:C4));""), dan pada kolom kelas kita isi dengan formula excel =IFERROR(INDEX(Sheet1!$B$4:$E$15;Sheet1!$H4;COLUMNS($A$4:D4));"").

Selanjutnya kita ke langkah ketiga yakni membuat data rombel kelas untuk validasi seperti contoh pada cel F4:F13. Kemudian kita letakan kursor pada cel F1 dan klik menu ribbon (Data) kemudian pilih Data validation ==> list dan isikan pada kolom source dengan =$F$4:$F$13.

Ingat pada Sheet2!$F$1 merujuk pada validation. Setelah semua sudah dilakukan silahkan dicoba dengan merubah validation pada cel F1 pada sheet2. 

Demikian share Cara Semoga Membuat Daftar Siswa dengan validation excel bermanfaat dan Sukses selalu.









Demikianlah Artikel Cara Membuat Daftar Siswa dengan validation excel

Sekianlah artikel Cara Membuat Daftar Siswa dengan validation excel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Daftar Siswa dengan validation excel dengan alamat link https://infohudin.blogspot.com/2020/06/cara-membuat-daftar-siswa-dengan.html

0 Response to "Cara Membuat Daftar Siswa dengan validation excel"

Posting Komentar